Innovation never stop

Just another WordPress.com weblog

Dual-Clutch Gearbox DSG Simbol Efisiensi Kendaraan VW

Posted by pitrajaya on August 22, 2008

WOLFSBURG

Volkswagen merayakan kesuksesan penjualan ke-1 juta dual-cluth gearbox. Teknologi transmisi VW yang juga dikenal dengan DSG tersebut, merupakan simbol performa VW yang sporty namun ekonomis.

Saat ini, DSG yang diproduksi di pabrik Kassel Jerman tersebut, diaplikasikan pada model-model VW dan grupnya.

Selama 2007 saja, lebih dari 400.000 unit DSG 6 percepatan diaplikasikan pada produk VW dan grupnya. “Karena produksi kendaraan meningkat, kami terpaska meningkatkan volume produksi DSG menjadi 1.750 unit per hari,” ujar Hans-Helmut Becker, General Factory Manager dalam pernyataannya.

Menurut Becker, yang menjadikan DSG sukses membawa nama besar VW adalah hasil kerja performa yang sporty namun tetap efisien bahan bakar. Selain itu, memberi kenyamanan lebih karena tidak menghasilkan getaran saat transmisi bekerja. “Ini akan menjadi andalan VW untuk meningkatkan daya saing teknologi automotif ke depan,” ungkapnya.

Saat ini VW juga memproduksi DSG dengan 7 percepatan. Teknologi yang diusungnya merupakan yang pertama di dunia dalam 2 hal, yaitu pertama di dunia sistem dual clutch gearbox yang dipasangkan di bagian depan secara melintang. Berikutnya clutch pada DSG merupakan yang pertama di dunia yang tidak menggunakan minyak dan dapat beroperasi secara kering.

Ide untuk menciptakan DSG, bermula dari ajang balap mobil di era 70-an. Ketika itu terfikir untuk menciptakan kendaraan berforma sport tanpa mengorbankan banyak bahan bakar. Kemudian VW mulai mengembangkannya pada 1980. Setelah mengalami pengembangan bertahun-tahun, DSG pertama kali digunakan untuk model kendaraan produksi VW pada 2003.

Teknologi yang dikembangkan pada DSG, dikaim menjadi jembatan antara sistem pengendaraan otomatis dan manual sehingga menghasilkan cara berkendara yang lebih dinamis. DSG 7 percepatan akan digunakan pada model Golf, Golf Plus, Cross Golf, Golf Variant, Polo, dan Cross Polo. Selain itu DSG juga digunakan pada brand VW lain, yaitu Audi, SEAT, Bentley, Bugatti, Lamborghini, dan Skoda.

DSG digerakkan secara elektronik dengan menggunakan sistem dual clutch (2 kopling) secara semi manual atau otomatis penuh. Sistem kerja transmisi baik dalam kondisi otomatis atau semi dilakukan secara terpadu dalam 1 unit (house). Dengan menggunakan dual clutch, sistem penggantian tingkatan gear dapat dilakukan secara cepat tanpa ada energi yang terbuang sia-sia. Saat ini DSG hanya teraplikasi pada produk VW yang menggunakan mesin depan dengan sistem penggerak roda bagian depan atau 4 wheel drive.

source : http://autos.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: