Innovation never stop

Just another WordPress.com weblog

Toyota Isis

Posted by pitrajaya on August 23, 2008

Toyota Isis, Mobil Penumpang dengan Sonar

Toyota telah meluncurkan mobil penumpang kelas menengah di Jepang, yakni Isis. Mobil ini dilengkapi dengan tambahan panduan mengemudi berupa sonar pelacak jarak. Sonar ini mampu memberikan peringatan bagi pengendara ketika ada ancaman atau kemungkinan terjadinya tabrakan atau benturan dengan benda diam ataupun kendaraan lain dari arah yang sama. Menurut Toyota, sistem sonar ini merupakan yang pertama kali di dunia.

Peringatan sonar ini tergolong sebuah sistem yang jenius. Memiliki jarak sonar satu meter, sistem ini memberikan peringatan ke sebuah display khusus di panel instrumen ketika ada kemungkinan terjadi benturan pada jarak 1 m tersebut, baik dengan kendaraan dari jalur yang sama maupun dengan objek diam.

Isis sendiri merupakan kendaraan 7 penumpang yang berkelas premium dalam hal fleksibilitas dan keluasan kabin. Misalnya, tersedianya mekanisme one-touch untuk mengatur posisi kursi sesuai keinginan, karena kursi jadi bisa dilipat, diputar, dan direbahkan hingga sejajar dengan lantai kabin. Kursi deret kedua dilengkapi dengan sebuah fungsi naik-turun. Sementara, kursi deret ketiga bisa disimpan di bawah lantai kabin.

Isis juga dilengkapi dengan `Panorama Open Door`, yang terletak di sisi penumpang dan didesain built-in dengan pilar utama. Fitur ini lebih mirip pintu samping pada Peugeot 1007. Ketika pintu depan dan belakang dibuka, akses masuk seluas 1.890 mm pun tersedia. Hal ini membuat penumpang mudah keluar-masuk Mobil.

Toyota memang telah melakukan pengembangan idenya pada format mobil penumpang. Produsen mobil Jepang ini pun yakin bahwa Isis telah memberikan satu langkah maju buat Toyota dalam hal pengemudian, pengendaraan, keselamatan, dan kepraktisan.

Bicara soal dapur pacu, Isis dibekali dengan mesin bensin 2.0-litre variable valve-timing (VVT-i) direct injection. Versi lainnya dibekali mesin berkapasitas 1.8-litre variable valve-timing yang dilengkapi dengan sistem transmisi continuously variable. Mesin 2.0 berkapasitas 1.998cc DOHC ini mampu menghasilkan 155 ps (114 kW) pada 6.000 rpm dan torsi 19.6 kg-m (192 Nm) pada 4.000 revs. Sementara, mesin 1.8 mampu memproduksi tenaga sebesar 132 ps (97 kW) pada 6.000 rpm dan torsi 17.3 kg-m (170 Nm) pada 4.400 revs.

Di Jepang, tersedia tiga varian Isis, yakni Platana, G, dan L. Platana memiliki wheelbase yang sama dengan varian lainnya, hanya bodinya lebih lebar, yakni memiliki dimensi 4.640 x 1.710 x 1,640 mm, sementara yang lainnya 4.610 x 1.695 x 1.640 mm. Dengan dimensi tersebut, varian G dan L jadi 60 mm lebih panjang dan 50 mm lebih tinggi dibanding Toyota Wish.

Soal harga di Jepang, mobil penumpang ini dibanderol mulai dari 1,7 juta yen (US$ 15.455) untuk varian mesin 1.8-litre Isis model L ‘X-Selection’. Varian ini memiliki sistem transmisi otomatis electronically controlled 4-percepatan. Sementara, banderol harga paling mahal disematkan pada varian Isis G model ‘U-Selection’, yakni 2,73 juta yen.

sumber : toyota indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: