Innovation never stop

Just another WordPress.com weblog

BMW 630i Coupé Diperkenalkan di Indonesia

Posted by pitrajaya on August 25, 2008

Jakarta. Menggunakan mesin enam silinder teringan di dunia, BMW 630i diperkenalkan di pasar Indonesia untuk melengkapi model BMW 645 Ci yang terlebih dahulu diluncurkan tahun lalu di Indonesia. Peluncuran BMW 630i tersebut ditargetkan untuk mengisi ceruk pasar penikmat mobil sport coupé mewah di Indonesia.

Semenjak diperkenalkan pertama kali di dunia pada bulan Januari 2004 hingga akhir tahun 2004 sebanyak 21.043 unit Seri 6 telah dikirim ke konsumen termasuk 9 unit BMW 645Ci di Indonesia. BMW Seri 6 tidak hanya unggul pada kedinamisan dan kepresisiannya tapi juga disain yang unik dengan garis yang tegas namun halus mengambang berpadu harmonis dengan permukaan yang elegan.

Didukung dengan performa mesin yang tinggi, penampilan yang sporti serta interior yang luas, BMW Seri 6 menjadi standar terbaru di jajaran mobil sport coupé mewah. Model tersebut ditujukan bagi penikmat sedan coupé berperforma tinggi yang juga merefleksikan jati diri dengan status sosial dan gaya hidup yang tinggi serta kesuksesan pribadi.
Presiden Direktur PT BMW Indonesia Josef Honsel mengatakan,“Sekarang konsumen kami memiliki pilihan mesin baru untuk Seri 6. Kedua model BMW 630i dan 645Ci memberikan performa yang handal sekaligus keunggulan tingkat keselamatan untuk meningkatkan kenikmatan berkendara.”

BMW 630i dengan konsep tempat duduk 2+2 memadukan konstruksi bodi ringan yang didapat dari penggunaan bahan alumunium, baja dan bahan sintetis lainnya dengan mesin performa tinggi berkapasitas 3.0 liter enam silinder segaris sehingga mampu memberikan kegesitan dan tenaga yang luar biasa.

Untuk menekan bobot mesin hingga batas minimum, BMW menggunakan bahan magnesium untuk pertama kalinya dalam produksi masal blok mesin, bahan ini lebih ringan 30 persen dibandingkan dengan bahan aluminium. Bantalan peluru kruk-as dan penutup silinder juga menggunakan magnesium.

Model serta gaya pada BMW Seri 6 merupakan strategi disain BMW yang berani. Bentuk lampu depan mengingatkan pada bentuk yang terdapat di Seri 5 dan 7 terbaru lengkap dengan ”angel eyes“ dan lampu sein berbentuk alis mata “eyebrow”.

Dibawah kap mesinnya terdapat mesin canggih BMW enam silinder segaris yang teringan didunia dengan  kapasitas 3.0 liter dilengkapi dengan Bi-Vanos dan Valvetronic. Valvetronic adalah pengatur besar dan lama bukaan katup sesuai dengan injakan pada pedal gas (akselerator), yang digabungkan dengan double-vanos atau variable camshaft adjustment pada katup masuk (intake) dan katup buang (outlet). Hasilnya adalah mesin lebih bertenaga, tetapi tetap hemat dalam mengonsumsi bahan baker dan ramah lingkungan.
Tenaga sebesar 258 horse power (HP) pada rpm 6.100 atau meningkat sebesar 12 persen dibanding dengan model mesin 3.0 liter sebelumnya dengan torsi maksimum sebesar 300 Newton meter (Nm) pada rpm 2.500-4.000, BMW 630i mampu berakselerasi hanya dalam 6,7 detik dari 0-100 km/jam dan kecepatan maksimum mencapai 250 km/jam. Dioperasikan secara elektronik, teknologi transmisi enam percepatan otomatis steptronic digunakan untuk mengatur torsi dan tenaga yang tinggi.

BMW 630i dilengkapi dengan tombol khusus yang dapat  memacu mobil dengan lebih agresif berkat teknologi Dynamic Driving Control (DDC), yang mampu mencapai tenaga maksimum lebih cepat dari pada posisi Sport biasa.

Keunggulan penggunaan bahan ringan pada BMW Seri 6 diciptakan untuk performa yang lebih sporti sehingga mampu mengoptimalkan potensi mesin terbarunya hingga batas maksimum. Dengan pembagian berat kendaraan yang ideal 50:50 serta chasis yang telah di tune dengan baik ditambah inovasi teknologi seperti Active Steering, BMW 630i berhasil mencapai tingkat kedinamisan dan kegesitan tertinggi dikelasnya.

Inovasi teknologi Active Steering yang terdapat pada BMW Seri 6 telah menerima beberapa penghargaan internasional baik di Eropa maupun di Amerika serta meraih pengakuan dari kalangan media internasional. Teknologi Active Steering memiliki cara kerja yang menggunakan rasio transmisi pengendalian elektronik yang bervariasi tergantung dari kecepatan kendaraan. Pengendalian menjadi lebih langsung pada kecepatan rendah dan sebaliknya menjadi tidak langsung pada kecepatan lebih tinggi. Hingga mencapai kecepatan menengah, BMW Seri 6 ini memiliki sensasi pengendalian seperti go-kart saat dijalanan berkelok. Sementara dalam situasi kritis pada kecepatan tinggi, Active Steering mampu dengan cepat mengambil alih pengkoreksian pada pengendalian.

Standar keamanan aktif BMW Seri 6 terdiri dari Dynamic Stability Control (DSC), Anti-Lock Braking System (ABS), dan Cornering Brake Control.BMW Seri 6 menampilkan fitur adaptive headlights yang mampu menerangi sudut pandang kendaraan lebih maksimal atau istilah lain dapat “melihat dibalik tikungan” sesuai dengan gerak lingkar kemudi. Dengan demikian, BMW kembali menawarkan inovasi teknologi untuk membantu kenyamanan dan keselamatan bagi pengendaraan pada malam hari.

Inovasi teknologi keselamatan baru yang terdapat di BMW 630i adalah Brake Force Display yang terintegrasi dengan lampu rem belakang. Teknologi tersebut memberikan pencahayaan lampu berintensitas tinggi pada saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak dalam situasi bahaya.

BMW Seri 6 ini juga dilengkapi dengan 6 kantong udara (airbag) yang menggunakan sistem canggih dalam pengaktifannya, sabuk pengaman, headrest disetiap empat tempat duduknya, fitur memori mobil dan kunci serta sensor benturan. Dalam semua kendaraan BMW, keamanan penumpang merupakan prioritas paling utama.

BMW Seri 6 ini menggunakan ban standar khusus jenis run flat tires (RFT) yang akan tetap berfungsi meskipun dalam keadaan tanpa tekanan angin sama sekali. Dengan fasilitas tersebut pengendara dapat langsung menuju bengkel tanpa harus berhenti dan mengganti ban di area yang berbahaya. BMW 630i dengan run flat tires tersebut masih dapat melaju sejauh 150 km dengan kecepatan 80 km/jam tanpa tekanan angin sama sekali. Untuk mempertegas tampilan coupé-nya, BMW 630i dilengkapi dengan velg racing 18 inch. Sebagai perbedaan dengan BMW 645i, BMW 630i menggunakan ujung muffler (silencer) berlapis chrome berbentuk bulat dengan kidney grille-nya yang tidak di chrome.

Filosofi disain interior terbaru BMW yang memisahkan beberapa tombol pengaturan dari dasbor dan mengurangi beberapa fungsi tombol tertata rapi di dalam kabin BMW Seri 6.
Kokpit BMW Seri 6 telah mendisain ulang tampilannya untuk mengurangi kompleksitas tombol pengaturan serta memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang disampingnya. Semua fungsi berkendara didisain di seputar area kemudi, sedangkan pengatur fungsi kenyamanan yang sering dioperasikan diposisikan pada instrumen panel, sementara itu untuk fungsi kenyamanan dan komunikasi yang tidak terlalu sering dipergunakan dapat diakses melalui fungsi yang terintegrasi dalam konsep pengaturan yang lebih sederhana pada tombol iDrive beserta monitornya terletak di bagian kokpit.

Dengan fungsi kontrol beserta tampilannya terpisah satu sama lainnya, pengendara dapat mengoperasikan semua fungsi utama tanpa melepas pandangannya dari jalan. Sekali lagi BMW mampu mempertahankan kepemimpinannya dalam menciptakan sistem kendali inovatif yang terinstalasi dalam kendaraan coupé mewah BMW Seri 6.

Tempat duduk, pintu dan dinding samping dibalut rapi dengan bahan kulit Dakota dan interior Ruthenium menambah aroma kemewahan di dalam kabinnya. Kursi di bagian depan dilengkapai dengan pengaturan elektronik yang mudah dan nyaman untuk mengatur posisi duduk. Khusus untuk kursi pengemudi dilengkapi pula dengan sistem memori.

BMW Seri 6 dilengkapi dengan setir kulit multi fungsi untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan musik dan telepon. Kelengkapan lain pada Seri 6 yang menambah performa BMW 630i adalah glass roof dan perangkat HiFi sound system dengan delapan speaker.
Bersamaan dengan memperluas jajaran model-modelnya, kepuasan pelanggan tetap menjadi fokus utama BMW dalam rangka mempertahankan posisinya sebagai pemimpin segmen mobil premium di Indonesia. BMW Indonesia memprioritaskan untuk menawarkan program purna jual terbaik di industri otomotif untuk memastikan kenyamanan memiliki mobil BMW.

Semua pemilik BMW akan mendapatkan layanan perawatan dan servis tanpa biaya selama lima tahun atau 100.000 km atau mana yang terlebih dahulu tercapai melalui program BMW Service Inclusive. Program tersebut dapat dipindah tangankan kepada pemilik berikutnya sehingga mampu meningkatkan harga jual kembali atau resale value. Sebagai tambahan, pembelian mobil BMW juga termasuk garansi dua tahun tanpa batas kilometer.

BMW Seri 6 yang dijual melalui diler resmi BMW telah mengalami penyesuaian teknis sesuai dengan kondisi lokal di Indonesia seperti kondisi lalu lintas, cuaca, kelembaban, kondisi jalanan dan kualitas bensin. Penyesuaian ini telah dilakukan sebelum produk tersebut masuk ke pasar Indonesia.

BMW 630i ditawarkan dengan harga Rp 1.350.000.000,- on the road Jakarta. Pemesanan model terbaru ini sudah dapat dilakukan saat sekarang di semua diler resmi BMW. Konsumen dapat memiliki BMW 630i dengan kombinasi warna eksterior dan interior yaitu black sapphire dan beige.

Sumber : BMW Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: