Innovation never stop

Just another WordPress.com weblog

Audi R10 mobil balap diesel

Posted by pitrajaya on August 28, 2008

Bab baru dalam sejarah balap mobil dan teknologi mesin diesel ditorehkan Audi AG dengan memperkenalkan mobil balap bermesin diesel yang akan bertarung di ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia, 24 Hours Le Mans tahun depan. Di sirkuit itu, Audi akan bertarung dengan mesin-mesin bensin terbaik di dunia.

Audi AG menjadi produsen otomotif pertama di dunia yang mengincar juara umum di ajang balap ketahanan 24 jam Le Mans bermodal mesin diesel. Audi R10, mobil balap baru yang diperkenalkan di Paris, Selasa (13/12), menggunakan mesin baru berkapasitas 5.5 liter, 12 silinder bi-turbo TDI yang sangat ekonomis dan senyap.

Le Mans Prototype dengan power maksimal lebih dari 650hp dan torsi lebih dari 1,100Nm, jauh melampaui daya yang diproduksi kebanyakan mobil balap Audi yang sebelumnya, termasuk pendahulunya R8 yang melegenda di sirkuit Le Mans. Audi menjadi pionir untuk mengeksplorasi mesin diesel, wilayah yang belum terjamah. Mesin diesel yang digunakan, V12 yang seluruhnya dari aluminium -jadi ringan meskipun besar- dengan teknologi FSI (Fuel Stratified Injection) -dimana bahan bakar disemprotkan langsung ke ruang bakar dengan takaran terukur. Setelah kemenangannya, mesin ini akan diadopsi untuk produksi massal dan konsumen Audi mendapat benefit lagi dan pelajaran yang diserap di olahraga balap mobil ini.

“Mesin Audi A8 4.2 TDI quattro menempatkan Audi sebagai pembuat mesin diesel paling bertenaga di dunia,” kata Prof Dr Martin Winterkorn, Chairman of the Board of Management of AUDI AG pada presentasi R10 di Paris. “Le Mans Project membantu teknisi kamu untuk memeras sari lebih banyak dari teknologi TDI,” katanya sambil berharap di masa depan lebih banyak lagi mobil bermesin diesel.

Mesin V12 R10 yang dilengkapi dengan dua diesel particle filter, tekanan injeksi bahan bakarnya dengan mudah melampaui 1,600 bar yang dipakai dimobil massal. Power band berada di 3,000 – 5,000 rpm, sangat rendah untuk ukuran mobil balap. Pengemudi tidak perlu lagi harus sering pindah gigi dibanding R8 karena kurva mesin TDI yang lebih besar. Produksi torsi yang luarbiasa besar, 1,100 Nm tidak hanya membutuhkan sistem transmisi yang luarbiasa, bahkan dynamoter di Audi Sport harus di pasangi gearboxes khusus untuk menangani momen puntir yang luarbiasa itu.

Perubahan radikal terhadap sasis juga diperlukan. Audi R10 mempunyai wheelbase lebih panjang dari pada R8 juga roda depan ekstra lebar. Teknologi-teknologi baru diimplementasikan pada pengembangan carbon-fiber monocoque. “R10 adalah tantangan terbesar yang ditangani Audi Sport,” kata head of Audi Motorsport Dr. Wolfgang Ullrich. “Teknologi TDI belum pernah di dorong ke wilayah balap mobil. Kami yang pertama menjawab tantangan itu. Partner teknologi kami yang sudah lama, Bosch, Michelin dan Shell memberi dukungan kepada kami dalam upaya mewujudkan tantangan itu. Bersama-sama kami memiliki peluang untuk menulis bab baru dalam sejarah balap mobil dan teknologi mesin diesel.”

Audi R10 terbaru sukses menjalani uji coba pada akhir November lalu. Program pengujian ekstensif termasuk balap 12 jam di Sebring, USA pada Maret depan dipersiapkan sebelum 24 Hours of Le Mans (17-18 Juni 2006).

Sourse : http://www.mobilku.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: